Tips Mengundang Motivator di Perusahaan atau Organisasi Kita

Sekarang ini ada beberapa motivator di Indonesia dengan berbagai jenis keahlian, spesialisasi dan bidang kemampuan yang berbeda-beda. Mereka sering diundang berbagai perusahaan dan organisasi untuk event seperti acara In House Training, Seminar bahkan juga di berbagai acara keagamaan serta pendidikan. Sebelum mengundang motivator kita perlu memperhatikan beberapa kriteria agar motivator yang kita undang sesuai kebutuhan dan dapat memberikan hasil yang kita harapkan. Dibawah ini ada 7 hal yang perlu kita perhatikan sebelum mengundang motivator di perusahaan atau organisasi kita:

1. Pengalaman
Sebelum kita mengundang seorang motivator kita perlu tahu "jam terbang" dia dalam membawakan seminar dan training. Seorang motivator handal tentu punya pengalaman yang luas dan "jam terbang" yang tinggi dalam memberikan motivasi di berbagai perusahaan atau organisasi dan juga pernah berbicara di skala audiens yang kecil sampai ribuan orang sekaligus serta di berbagai level atau kalangan. Karena pengalaman seorang motivator akan membuat dia menjadi sangat peka dan mengerti bagaimana membawakan suatu pesan atau materi dalam berbagai acara dengan sasaran dan kebutuhan yang berbeda.

2. Pengetahuan
Setiap motivator tentu punya keahlian dan keunikan masing-masing. Dalam hal pengetahuan misalnya ada beberapa pembicara punya kekuatan di area bisnis, ada yang handal di area sales dan marketing, ada yang mahir di bidang pengembangan diri atau terobosan mental, ada yang di bidang keuangan, atau ada juga yang mungkin hebatnya di bidang Leadership. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada motivator yang memang memiliki pengetahuan dan menguasai beberapa bidang sekaligus. Jadi sebaiknya kita perlu sesuaikan apa yang menjadi kebutuhan perusahaan atau organisasi kita dengan keahlian motivator yang akan digunakan jasanya.

3. Performa
Selain pengalaman dan pengetahuan, tentu hal yang sangat penting adalah seorang motivator harus mampu menyajikan (deliver) materinya dengan cara yang sangat menarik dan kreatif. Sehingga peserta dapat menerima dan memahami semua materi yang disampaikan dengan sangat baik. Tentu kita tidak ingin suatu acara motivasi diadakan dan sebagian besar peserta merasa bosan atau ngantuk.

4. Prestasi
Motivator yang handal tentu punya banyak catatan prestasi. Prestasi itu bisa berupa buku yang ditulis, program radio atau TV. Bisa juga prestasi itu seperti keberhasilan dalam meningkatkan produktivitas karyawan, membawa orang mengalami perubahan hidup, membantu para sales atau marketing dalam mencapai target atau menghasilkan pebisnis-pebisnis baru.

5. Penguasaan
Seberapa menguasai materi yang dibawakan oleh motivator sangat menentukan keefektifan suatu seminar atau training. Antara motivator yang satu dengan motivator lainnya seringkali memiliki kekuatan dan spesialisasi tersendiri. Tentu di bidang yang mereka ahli akan mempengaruhi penguasaan bahan yang disampaikan.

6. Penampilan
Seorang motivator yang berpenampilan baik dan rapih tentu akan meningkatkan image positif peserta seminar atau training terhadap dirinya. Karena motivator saat ini adalah juga seorang publik figur bahkan entertainer yang harus mampu "menghidupkan" audiencenya.

7. Pendekatan
Akan sangat baik apabila motivator yang kita undang memiliki banyak pendekatan untuk membagikan materinya. Tidak hanya kaku dan terbatas dengan satu metode atau pendekatan. Pendekatan tersebut bisa berupa simulasi, games, role play, experential learning, edutainment dan masih banyak pendekatan lainnya. Yang semua bertujuan untuk dapat membuat suatu pembelajaran jadi efektif.