Hari 6 - Menjalankan Instruksi Dengan Tepat

Yang akan membuat Anda berhasil bukanlah informasi, tetapi bagaimana Anda menggunakan informasi tersebut.

Dalam tradisi Cina ada yang disebut sabagai perayaan kue bulan. Perayaan ini dilaksanakan pada setiap pertengahan musim gugur. Tradisi tersebut melambangkan kebersamaan keluarga dan kehidupan yang harmonis. Legenda tradisi kue bulan ini dimulai sekitar tahun 1271, pada masa akhir dinasti Song. Saat awal pendudukan Mongolia di Cina, banyak rakyat menderita dan mereka merencanakan pemberontakan besar-besaran. Untuk menjaga kerahasiaan rencana tersebut, mereka menyembunyikan pesan dalam kue yang bundar (kue bulan) yang dikirim ke seluruh keluarga. Pada malam tanggal 15, bulan delapan, seluruh penduduk memulai pemberontakan dengan menjalankan instruksi dalam pesan tersebut. Banyak korban di pihak Mongolia karena serangan besar yang tidak terduga pada saat mereka sedang tidur. Kemenangan besar diperoleh rakyat Cina karena mereka menjalankan dengan tepat instruksi dalam pesan tersebut.

Tahukah Anda bahwa dalam hidup ini ada banyak pesan mengenai kesuksesan, kesehatan dan kebahagiaan yang disebarkan melalui buku, seminar, dan media lainnya? Tetapi tentu saja kita baru akan mengalami pencapaian yang besar bila kita menjalankan instruksi dalam pesan tersebut secara tepat. Sayangnya ada banyak orang yang tahu dengan pesan-pesan tersebut, namun tidak mau melakukannya. Tahu bahwa keberhasilan akan didapat dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kegigihan, tapi tidak melakukannya. Mengerti bahwa merokok dapat merusak kesehatan, namun tidak ingin menghentikan kebiasaan itu. Tahu bahwa kebahagiaan diperoleh saat kita mau mengalah, menekan keegoisan, menerapkan sikap rendah hati, mau menghargai perbedaan, dan bekerja sama dangan orang, tapi kita sama sekali mengabaikannya. Atau sebagai mahasiswa kita tahu akan mendapatkan nilai-nilai terbaik, bila rajin belajar, tapi kita tidak mengerjakannya, dan malah bermalas-malasan. Mengerti bahwa kekayaan hanya dicapai dengan menabung, berinvestasi, tidak bergaya hidup boros, konsumtif, bahkan mau berbagi dan tidak pelit, tapi justru kita tidak mau peduli. Alhasil, kita hanya tahu dan tahu, tapi tidak mendapatkan keuntungan apa-apa dari informasi tersebut.

Seandainya para keluarga di Cina hanya tahu bahwa mereka dikirimkan pesan untuk menyerang Mongolia secara diam-diam, tapi tidak mempraktekkan atau mematuhinya, kira-kira apa yang akan terjadi? Apakah mereka akan menang dan berhasil mengalahkan musuh mereka? Tidak, mereka akan kalah dan tidak mendapat apa-apa. Ingatlah yang akan membuat Anda berhasil bukanlah informasi, tetapi bagaimana Anda menggunakan informasi tersebut. Percuma saja bila kita hanya sekedar paham, jika kita tidak mengambil tindakan hasilnya akan nihil.

Mari sebagai achiever, jangan hanya puas dan bangga ketika hidup kita sudah dipenuhi oleh banyak ilmu dan wawasan. Jangan senang dulu ketika Anda bisa duduk dalam sebuah seminar lalu mendapatkan sebuah sertifikat. Pertanyaannya adalah apakah Anda mengerti dengan materi yang disajikan? Apakah Anda mau menerapkan strategi-strategi yang sudah disampaikan dengan antusias dalam karir dan bisnis Anda? Apakah Anda memiliki komitmen untuk terus melakukan setiap tips sukses yang dikatakan para motivator itu, sampai meraih sebuah keberhasilan? Bila kita belum melakukan, jangan heran bila kita hanya menjadi orang yang rajin, rajin keluar-masuk seminar tapi tidak menunjukkan perubahan apa-apa dalam kinerja kerja. Tak jarang setelah mengalami hal itu, orang-orang mulai menyalahkan pembicara atau motivatornya. Mereka mengatakan, "Wah, ilmunya kurang canggih, tidak bisa diterapkan dalam dunia nyata. Informasinya kurang akurat, tidak benar, buktinya hidup saya tidak berubah." Jangan salahkan orang lain bila kita tidak mencapai apa yang kita rindukan, salahkanlah diri kita sendiri yang tidak mau menjadi pelaku informasi. Mari ubah sikap kita yang demikian, dari yang hanya senang mendengarkan menjadi orang yang senang melakukannya.

Tindakan kita dalam mematuhi setiap intruksi dari pimpinan, motivator, atau dari buku-buku motivasi memang belum tentu menghasilkan perubahan signifikan, tetapi ketahuilah tanpa tindakan tidak akan pernah ada perubahan signifikan. Jadi, mulailah menerapkan setiap ilmu dan informasi yang kita tahu, pastinya bukan asal bertindak tapi tidak tahu arahnya namun bertindak sesuai dengan intruksi. Percayalah ketika kita mengerjakan segalanya tepat seperti yang diperintahkan kepada kita, maka kemenangan besar pasti kita dapatkan.