Hari 19 - Anda Memiliki Banyak Sekali Ide

Bersikaplah seperti pemburu ke manapun Anda pergi, karena akan selalu ada ide-ide yang dapat Anda bidik. (Roger Von Oech)

Walt Disney pernah bekerja sama dengan distributor film dari New York bernama .J. Winkler. Dari hasil kerja sama itu maka lahirnya tokoh kartun Oswald the Lucky Rabbit. Saat tokoh itu mulai terkenal, sayang tokoh tersebut diambil alih hak ciptanya oleh sang agen tanpa sepengetahuan Disney. Bahkan beberapa karyawannya ikut dibajak sehingga ia tidak memiliki apa-apa lagi. Lalu ia kembali ke Los Angles. Di sepanjang perjalanan dengan kereta api itu, ia menemukan ide membuat tokoh dari binatang tikus. Mulanya ia menamainya Mortimer. Namun sang istri menolak dan menyarankan nama Mickey Mouse. Di tangan Walt Disney, Mickey Mouse menjadi tokoh dalam film pertama yang menggunakan musik dan bisa berbicara. Debutnya dalam film kartun berjudul Steamboat Willie pada 19 November 1928 segera membuatnya berjaya di dunia hingga tahun 80-an.

Tidak hanya Mickey Mouse yang tercipta melalui hal yang tidak disengaja, Sakarin, pemanis buatan yang paling tua pun tanpa sengaja ditemukan di tahun 1879 oleh seorang peneliti bernama Constantine Fahlberg, seseorang yang dulu pernah bekerja pada Johns Hopkins University di dalam laboratorium profesor Ira Remsen. Penemuan Fahlberg bermula ketika dia lupa mencuci kedua tangannya sebelum makan siang, yang mana sebelumnya telah ditumpahi sejenis bahan kimia di laboratoriumnya. Bahan kimia itulah kemudian menyebabkan roti yang dimakannya menjadi terasa manis. Tahun 1884, Fahlberg memperoleh hak paten dan mulai memproduksi secara masal bahan sakarin. Dan ketenarannya meningkat selama tahun 1960-an sampai 1970-an karena dipergunakan oleh pabrik Sweet’N Low dan minuman-minuman ringan (soft drinks) untuk diet.

Lihatlah betapa inspirasi untuk menghasilkan karya-karya yang besar ada di mana-mana. Inspirasi ada di sana sini, tinggal bagaimana kita bisa membuka mata dan telinga untuk menangkapnya dan menjadikannya sesuatu yang bernilai jual tinggi. Saya sendiri selalu membiasakan membawa catatan kecil di mobil dan tas kerja, karena saya tahu ide-ide brilian bisa datang kapan saja, saat saya sedang makan makan, ketika berada di kamar mandi, tengah jogging. Anda pun bisa menerapkan hal yang sama, karena gagasan yang bagus bisa mengalir di mana saja, di segala waktu dan tempat, bisa jadi itu terjadi ketika Anda sedang berjalan-jalan di mall, makan siang di sebuah restoran, sedang berkendara, tengah berendam di kamar mandi, atau saat Anda hendak pergi tidur. Ketika ide itu muncul, segeralah menuliskannya, atau simpan dan rekam dalam ponsel Anda. Jangan hanya mengandalkan ingatan Anda, karena ingatan kita terbatas, kita bisa lupa. Setelah kita mempunyai banyak ide-ide segar, cobalah praktikkan dalam bidang-bidang pekerjaan kita. Karena ide sehebat apapun tanpa aksi adalah tidak berharga. Dan saat kita kita menerapkan ide-ide itu, disitulah yang akan merasakan bahwa inspirasi itu mudah, tapi pelaksanaannyalah yang sulit. Tak mengapa, sebab ide yang baik tidak terpakai secara otomatis. Ide itu harus dipraktikkan dengan keberanian dan kesabaran. Mungkin pada mulanya ide yang kita punya itu terlihat gila, konyol, tidak mungkin bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun tetaplah mencobanya. Mark Twain berlata, "Orang yang mempunyai ide adalah orang yang aneh sampai ide tersebut berhasil dan berguna bagi banyak orang." Semua gagasan yang benar-benar baru awalnya memang tampak mustahil, kita bukan hanya harus berhadapan dengan diri sendiri, dengan mata kita yang melihat rasanya ide itu tidak akan dapat berjalan, namun kita juga akan berhadapan dengan orang-orang yang berusaha mematikan ide-ide tersebut, menertawakannya, dan menyuruh kita berhenti saja. Namun bila kita yakin dengan apa yang kita buat tetaplah maju. Praktikkan itu dengan berani, berani untuk melakukan percobaan demi percobaan, berani gagal, berani ditertawakan orang, berani rugi. Dengan kesabaran, ketekunan, dan perjuangan, maka suatu saat kita pun bisa menikmati hasilnya. Maka, mulailah memburu ide ke manapun kita melangkah. Kita membutuhkan banyak gagasan yang baru, yang unik, yang bisa dipakai untuk mencapai tujuan kita. Walt Disney mengingatkan bahwa semua diawali dengan seekor tikus. Tanpa inspirasi kita akan binasa. Ya, tanpa inspirasi kita tidak akan bisa berbuat banyak, tidak tahu harus melakukan apa. Jadi, temukan satu ide bagus dan buatlah itu menjadi luar biasa.