NEXT LEVEL IN SELLING

1. Menjual Benefit & Solution
Dalam menjual selalu tawarkan apa manfaat dari produk atau jasa yang anda jual dan jadilah seorang yang siap memberikan solusi bagi customer.

2. Fokus pada Trust & Respect
Jaga selalu kepercayaan customer terhadap anda dan tunjukkan rasa hormat. Sekali kredibilitas anda rusak maka sangat sulit memulihkannya.

3. Orientasi Long Term
Anda harus mempunyai orientasi jangka panjang dalam penjualan, artinya penjualan tidak berhenti sampai disini (customer bukan end user) harapkan reorder dan referensi baru. Untuk ini kita perlu memiliki service yang baik dan after sales yang memuaskan.

4. Customer adalah Friend
Sekarang customer tidak cukup hanya diperlakukan sebagai raja, mereka juga harus diperlakukan sebagai seorang teman. Karena customer hanya akan membeli dari orang mereka sukai, ini yang dinamakan faktor persahabatan, yang artinya seseorang tidak akan membeli sampai iya yakin anda temannya. Jadi bersiaplah berperan sebagai seorang teman yang akan memberi pertolongan dan nasihat mengenai produk dan jasa yang akan dibeli serta bagaimana itu dapat menjawab kebutuhan mereka.

5. Menjual secara Creative
Terus temukan cara-cara atau inovasi yang baru dalam menjual sehingga dapat menarik banyak orang untuk membeli apa yang kita tawarkan.
Kreativitas anda juga dibutuhkan untuk terus ide-ide pada customer akan kegunaan produk dan jasa yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh mereka. Untuk ini anda perlu punya pemaaman yang mendalam akan produk dan jasa yang anda tawarkan.

6. Expand & Maintain
Dalam penjualan anda harus terus perluas jaringan pemasaran anda dengan mencari customer baru sambil tetap mempertahankan customer setia anda. Lebih murah biaya mempertahankan customer lama daripada biaya untuk mencari customer baru. Kedua hal ini sangat penting untuk kelangsungan penjualan.