POLA KEBIASAAN BURUK

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kebiasaan adalah tindakan konsisten yang dilakukan secara terus menerus hingga membentuk suatu pola di level pikiran bawah sadar. Ini yang membuat seringkali kebanyakan orang sulit untuk mengubah kebiasaan mereka terutama kebiasaan buruk.

Hidup kita sangat dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Sehingga kebiasaan buruk yang sudah terpola di pikiran bawah sadar akhirnya akan mengontrol semua perilaku Anda secara dominan. Selama Anda hanya mencoba mengubah yang diluar tanpa mengubah yang didalam maka cepat atau lambat Anda akan jatuh lagi dalam pola kebiasaan yang sama. Anda tidak akan bisa mengubah karakter Anda sebelum Anda mengubah kebiasaan Anda dan Anda tidak akan bisa mengubah kebiasaan Anda sebelum Anda mengubah pikiran Anda.

Jadi untuk langkah pertama, Anda dapat mulai tuliskan beberapa kebiasaan-kebiasaan yang Anda ingin miliki, tentunya kebiasaan baik yang mendukung pada pencapaian Anda. Langkah kedua, visualisasikan diri Anda seolah-olah Anda sudah hidup dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Cara lainnya Anda juga dapat mencari teman atau personal coach yang dapat membantu Anda melakukan perubahan kebiasaan. Kehadiran mereka dapat menjadi sarana yang mendukung dan memastikan Anda terus berada di dalam jalur. Selanjutnya Anda dapat terus merencanakan untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baik yang baru setiap bulannya.

Sekali Anda berhasil menciptakan kebiasaan baru, berikutnya Anda sudah menjadi terbiasa untuk menciptakan kebiasaan baik lainnya. Jadi penting bagi Anda untuk membuat komitmen 100% demi membentuk kebiasaan baru Anda, miliki langkah-langkah spesifik yang Anda akan ambil untuk membuang kebiasaan lama dan mengembangkan kebiasaan baru.

Hanya dengan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru setiap bulannya maka dalam setahun Anda akan melihat secara nyata hidup Anda berubah makin selaras dengan impian Anda. Dan semakin selaras perubahan tersebut maka akan makin mudah Anda meraih impian-impian Anda. Dan akhirnya Anda akan menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan buruk Anda yang lama sama sekali tidak berguna.