MENEMUKAN APA YANG ANDA SUKAI DAN CINTAI

Pepatah lama ini memang benar: "Temukanlah sesuatu yang engkau sangat suka lakukan sehingga engkau dengan senang hati melakukannya dengan cuma-cuma, dan jika engkau belajar untuk melakukannya dengan baik, suatu hari nanti orang lain akan senang membayarmu atas pekerjaan itu."

Sebagai contoh seorang pegolf profesional bernama Tiger Woods, ketika ia mulai bermain golf, ia berlatih sangat keras. Bahkan sejak umur 3 tahun dia sudah mulai latihan. Dia memukul 500 bola-bola golf setiap harinya. Dan sekarang setelah dia memenangkan berbagai kejuaraan dan mendapatkan uang jutaan dolar mengapa Woods masih saja berlatih dan bermain golf? Mengapa? Dia tidak perlu lakukan semua itu lagi seharusnya. Akan tetapi karena dia mencintai golf maka dengan senang hati dia terus bermain. Hal yang sama terjadi dengan Bill Gates salah seorang terkaya di dunia dengan kekayaan sekitar 46 milyar dollar. Mengapa ia tetap saja pergi bekerja? Alasannya adalah karena dia menyukai melakukan pekerjaannya. Itulah kuncinya. Temukan apa yang Anda cintai dan berikan diri Anda sepenuhnya pada hal tersebut. Begitu anda melakukannya tidak ada yang bisa menghentikannya.

Melakukan apa yang Anda sukai mempunyai 3 keuntungan yang bisa segera Anda dapatkan :

1. Anda akan mempunyai energi yang tinggi
Ini akan menjadi suatu sumber daya yang tidak pernah habis untuk mendapatkan energi dan optimisme. Jadi apabila Anda sering merasa malas, mudah bosan, tidak mempunyai motivasi yang tinggi terutama dalam pekerjaan Anda. Maka mungkin Anda perlu ajukan pertanyaan pada diri Anda sendiri yaitu: Apakah Anda sudah menjalani kehidupan yang penuh dengan gairah? Apakah Anda menyukai apa yang Anda lakukan? Apakah Anda sedang mengejar suatu impian dan sasaran yang memberi Anda energi dan antusiasme yang tidak ada habisnya? Jika jawaban Anda belum, pastikan Anda segera menemukan bidang pekerjaan apa yang benar-benar Anda sukai dan hasilkan pencapaian yang terbaik di bidang tersebut.

2. Bekerja akan terasa seperti bermain
Ketika Anda mencintai pekerjaan yang Anda lakukan, maka Anda tidak akan pernah bekerja lagi sepanjang hidup Anda. Bukankah ini sangat menarik? Anda akan merasa bekerja seperti bermain saja, dan Anda akan sangat menikmatinya. Orang-orang yang mencintai apa yang dia kerjakan akan merasa sulit untuk menggunakan kata "bekerja." Karena mereka telah mengejar apa yang paling mereka nikmati dan apa yang memberikan penghargaan secara pribadi. Secara pribadi saya sangat menikmati pekerjaan saya sebagai pembicara motivasi. Karena memang pada dasarnya saya suka menolong orang lain maju, saya suka mengajar, saya suka membantu orang memecahkan masalah, saya suka menghibur orang dari atas panggung, saya suka membagikan ide-ide baru yang positif, dan yang pasti saya suka bertemu dengan orang-orang ketimbang aktivitas di belakang meja (back office). Ini semua yang membuat diri saya secara alami termotivasi karena seperti hanya mengekspresikan apa yang menjadi kesukaan saya dalam bentuk program seminar atau training.

3. Orang lain akan ikut merasakan antusiasme dan gairah Anda
Antusiasme mempunyai daya tarik seperti magnet yang dapat menarik orang lain kepada diri Anda. Kadang-kadang, bahkan orang lain sendiri heran mengapa mereka mau mendukung Anda dalam pencapaian. Gairah Anda merupakan suatu aset. Gunakan itu untuk menginspirasi dan mendapatkan dukungan dari orang lain. Orang-orang akan selalu menghargai komitmen pencapaian yang penuh gairah.