FEAR FACTOR

"Satu-satunya yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri". (Franklin D Roseevelt)

Rasa takut yang biasa kita rasakan sebenarnya dapat menolong kita untuk lebih waspada dan sadar akan berbagai hal yang kita hadapi. Dan biasanya ini merupakan perasaan yang wajar terjadi saat kita menghadapi berbagai hal yang baru seperti, merintis usaha sendiri, melakukan presentasi, meminta kenaikan gaji, atau ingin menjual suatu produk.

Rasa takut sebenarnya informasi yang disampaikan otak Anda secara alamiah apabila Anda mulai berada di luar zona kenyamanan. Namun kebanyakan rasa takut yang kita alami sekarang terlalu berlebihan dan ini diciptakan oleh pikiran kita sendiri. Kita lebih sering menakuti diri kita dengan mengimajinasikan berbagai hasil negatif yang akan terjadi dalam berbagai kegiatan yang kita jalani.

Anda mungkin sering membayangkan usaha Anda gagal, presentasi Anda menjadi begitu buruk, orang-orang akan menolak Anda saat mencoba melakukan penjualan, atau karir Anda tidak mengalami kemajuan. Setiap bayangan negatif ini bahkan bisa menjadi sangat tidak memberdayakan saat mulai menghentikan Anda untuk bertindak dan melakukan sesuatu. Rasa takut berlebihan juga bisa menganggu kesehatan dan hanya menguras energi Anda. Rasa takut seperti ini adalah musuh bagi keberhasilan. Beberapa rasa takut yang kita alami seringkali tidak nyata, cuma ada di khayalan kita.

Banyak hal yang seringkali ingin kita raih ataupun lakukan dalam hidup ini tapi tidak pernah kita wujudkan karena rasa takut kita yang berlebihan. Ini akan menghambat kemajuan kita dan membuat kita cuma hidup sebagai orang yang rata-rata.

Intinya kita lebih sering menakuti diri kita sendiri dengan menciptakan bayangan buruk akan suatu hasil negatif di masa depan. Jadi untuk mengatasi rasa takut ini kita harus mulai merubah bayangan itu di pikiran kita menjadi suatu hal yang positif. Karena kita sendiri yang menciptakan imajinasi menakutkan itu, maka kita jugalah yang bisa menghentikan dan mengantikan dengan imajinasi yang membuat Anda merasa tenang, percaya diri, dan damai.

Selanjutnya Anda juga dapat belajar mengatasi setiap rasa takut dengan mulai mengambil tindakan. Jangan biarkan rasa takut melumpuhkan Anda. Seorang pemberani bukanlah orang-orang yang tidak pernah merasa takut, melainkan orang-orang yang berhasil mengalahkan setiap rasa takut dalam diri mereka. Walau itu mungkin mengharuskan Anda mengambil resiko ditolak, ditertawakan, atau gagal tetap hadapi dengan bertindak benar.

Tindakan itu bisa berupa suatu persiapan, perhitungan yang jelas, pengambilan keputusan ataupun sekedar membuka mulut Anda untuk menawarkan produk.

Saya teringat dulu saat tiap kali saya beroleh kesempatan berbicara di depan umum hal itu sangat menakutkan dan membuat saya gemetar, bayangan ketidakmampuan mulai bermunculan, saya mulai takut apa yang orang lain akan pikirkan, namun saya memilih untuk tetap bertindak dengan mempersiapkan diri dan menghadapi tantangan itu, akhirnya setelah melalui semua itu ternyata kenyataannya tidak menakutkan seperti apa saya bayangkan di awal. Malah sekarang setiap ketakutan yang dihadapi itu telah berubah menjadi keyakinan diri dan manfaat yang makin bertambah besar.

Ketahuilah bahwa setiap kali Anda berhasil mengalahkan rasa takut Anda maka hal ini dapat menumbuhkan keyakinan Anda akan kemampuan yang Anda miliki dan membuat Anda semakin percaya diri. Joe Sabah pernah menulis bahwa, "Anda tidak harus hebat agar bisa mulai. Tetapi, Anda harus memulai agar bisa menjadi hebat".